Slider Widget

Responsive Ad

Mencari Tahu Definisi Customer Retention dan Pengaruhnya untuk Bisnis oleh - usaharumahan.net

Halo sahabat selamat datang di website usaharumahan.net, pada kesempatan hari ini kita akan membahas seputar Mencari Tahu Definisi Customer Retention dan Pengaruhnya untuk Bisnis, kami sudah mempersiapkan artikel tersebut dengan informatif dan akurat, silahkan membaca

Selama ini istilah customer retention masih sangat awam bagi para pelaku bisnis. Padahal istilah ini memiliki makna dan fungsi yang sangat penting untuk berjalannya suatu usaha. Salah satu tujuan dari bisnis adalah menarik banyak pelanggan supaya membeli produk atau jasa yang ditawarkan. 

Setelah mendapatkan pelanggan maka akan dilanjutkan dengan mengelola pelanggan tersebut. Namun, banyak pengusaha atau pelaku bisnis yang hanya fokus untuk mencari pelanggan saja. Padahal pebisnis juga harus berpikir bagaimana cara membuat konsumen tersebut membeli produk untuk kedua kalinya. Inilah yang disebut customer retention. 

Apa Definisi Customer Retention?

customer retention
Memahami cara untuk menarik pelanggan untuk kedua kalinya

Customer retention merupakan bagaimana cara yang digunakan untuk menarik pelanggan supaya membeli produk yang kedua kalinya. Hal ini penting diperhatikan karena marketing hanya fokus menarik banyak pelanggan baru. Sedangkan customer retention berfokus untuk mendapatkan banyak profit dari pelanggan yang sebelumnya pernah membeli produk.

Pengaruhnya Untuk Usaha yang Dikelola

customer retention
Memberikan pengaruh baik untuk usaha yang dikelola

Setelah mengetahui definisi dari customer retention, dapat disimpulkan bahwa keberadaannya sangat penting untuk bisnis. Ada banyak pengaruh atau manfaat yang nantinya dirasakan oleh bisnis Anda. Apa sajakah pengaruhnya untuk bisnis?

1. Membangun Customer Relationship yang Kuat

Suatu bisnis yang tidak bisa membangun hubungan kuat dengan konsumen, maka konsumen tersebut akan pergi. Bahkan presentasi konsumen yang pergi mencapai 20%. Tentu presentasi tersebut termasuk cukup tinggi dan jika terus dibiarkan bisa berakibat menurunnya jumlah keuntungan yang diperoleh.

Hasil dari adanya strategi ini bisa terlihat seiring berjalannya waktu. Perubahan sekecil apapun dalam cara menarik pelanggan ini pasti bisa menciptakan pengaruh yang cukup besar. Maka dari itu, pengusaha atau pelaku bisnis perlu untuk lebih fokus dalam customer retention.

2. Membuat Penjualan Meningkat

Untuk meningkatkan penjualan produk, perusahaan tidak hanya harus fokus dalam strategi marketing tetapi juga fokus pada customer retention. Akan tetapi, jika fokusnya dialihkan ke strategi ini maka penjualan menjadi lebih efisien. Hal ini dikarenakan penjualan produk fokus kepada pembeli yang sebelumnya sudah membeli produk Anda.

Membeli produk untuk kedua kali dan seterusnya akan membuat pembeli menjadi lebih loyal kepada perusahaan. Tentu ini akan memudahkan untuk mendapatkan banyak keuntungan dari kepercayaan konsumen terhadap perusahaan. Bisa dibilang cara ini merupakan metode pemasaran efektif untuk meningkatkan pertumbuhan perusahaan. 

Cara Meningkatkan Customer Retention yang Bisa Diterapkan

customer retention
Strategi agar pelanggan bisa kembali membeli produk yang dijual

1. Menggunakan Email Marketing

Cara meningkatkan customer retention yang pertama adalah menggunakan email marketing. Email marketing yang dikirim secara konsisten merupakan cara paling murah untuk mempertahankan pelanggan. Maka dari itu, perusahaan disarankan untuk selalu membagikan konten terbaru, update-update produk tertentu dan memberikan penawaran yang relevan.

2. Loyalty dan Reward Program

Tidak ada konsumen yang tidak suka dengan program promosi. Promosi itu sendiri merupakan salah satu cara yang digunakan perusahaan untuk membuat pelanggan membeli produk kita. Promosi tersebut bisa berupa diskon, mendapatkan poin yang bisa ditukar dengan item tertentu, dan sebagainya.

3. Apresiasi Pelanggan

Perusahaan harus memberikan apresiasi kepada pelanggan di waktu-waktu tertentu. Apresiasi yang diberikan bisa berupa potongan harga untuk produk yang sering dicari dan dibeli. Cara ini sangat efektif untuk membuat konsumen membeli produk tersebut dan menunjukkan jika perusahaan menghargai keberadaan pelanggan.

Nah itulah definisi customer retention dan pengaruhnya untuk bisnis. Diharapkan informasi diatas bisa membantu Anda untuk bisa menarik pelanggan agar membeli produk yang dijual kedua kalinya. Semoga bermanfaat. 

Itulah tadi informasi mengenai Mencari Tahu Definisi Customer Retention dan Pengaruhnya untuk Bisnis dan sekianlah artikel dari kami usaharumahan.net, sampai jumpa di postingan berikutnya. selamat membaca.

Post a Comment

0 Comments