Slider Widget

Responsive Ad

10 Tips Menjalankan Usaha dengan Menggunakan Media Sosial oleh - usaharumahan.net

Halo sahabat selamat datang di website usaharumahan.net, pada kesempatan hari ini kita akan membahas seputar 10 Tips Menjalankan Usaha dengan Menggunakan Media Sosial oleh - usaharumahan.net, kami sudah mempersiapkan artikel tersebut dengan informatif dan akurat, silahkan membaca

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa penggunaan media sosial dapat meningkatkan performa bisnis online. Namun demikian Anda diharuskan untuk memaksimalkan salah satu akun media sosial tersebut untuk mendapatkan traffic atau lalu lintas pengunjung yang membludak.

Pada awalnya media sosial dibuat untuk kegiatan bersosial secara online, namun ternyata saat ini media sosial sangat efektif digunakan sebagai media promosi bisnis atau pun untuk berdagang. Mungkin inilah yang di sebut dengan zaman yang serba gampang. Karena kita bisa melakukan berbagai hal hanya dengan klik.

bisnis dengan fb

Kegiatan sebuah bisnis di media sosial tidak hanya tentang promosi saja tapi lebih dari itu. Kita bisa menjadi seseorang yang hanya berorientasi pada uang dan keuntungan jangka pendek atau berorientasi pada keuntungan dalam hubungan jangka panjang dengan orang-orang yang terhubung di media sosial, itu pilihan masing-masing. Namun, jika kita bicara tentang bisnis sudah pasti kita selalu menginginkan yang jangka panjang.

Di sini kami akan membagikan beberapa tips atau cara tentang bagaimana cara berbisnis atau melakukan usaha yang dimana Anda melibatkan atau menggunakan media sosial sepenuhnya sebagai perantara untuk menjalankan usaha Anda.

Perlu Anda ketahui, kesalahan yang paling umum di antara pedagang online adalah tampilan posting yang asal-asalan (terlihat kurang menarik) di bisnis media sosial mereka. Sehingga membuat orang-orang tidak terlalu berminat pada profil Anda. Memang diakui untuk mendapatkan pengikut setia memang tidaklah mudah, tetapi tidak juga rumit. Lihat saja bagaimana sekarang orang begitu mudah populer untuk mendapatkan sejumlah besar pengikut dengan cara mereka sendiri. Berbagai cara mereka lakukan untuk menjaga pengikut setia mereka pada profil mereka.

Jadi, bagi Anda yang memanfaatkan media sosial untuk menjalankan sebuah usaha atau lebih tepatnya lagi sebagai pemilik bisnis online, Anda juga harus peka terhadap hal-hal ini. Sekali lagi jika Anda 100% menggunakan media sosial sebagai platform untuk berdagang. Kali ini kami akan memberikan berbagi cara untuk meningkatkan ‘keterlibatan’ di halaman media sosial bisnis Anda.
Kita simak selengkapnya di bawah ini!!

1. Pembaruan Reguler

Ini adalah persyaratan wajib bahwa Anda harus bersaing jika Anda ingin keterlibatan tinggi dalam media sosial bisnis Anda seperti Facebook dan Instagram. Anda perlu mengidentifikasi bagaimana konten dapat menarik pelanggan target Anda. Jangan terlalu banyak meniru tulisan orang lain. Bisnis lain adalah pendekatannya.

Frekuensi halaman Anda yang diperbarui dapat mempengaruhi orang untuk membuktikan halaman Anda aktif dan tidak hambar. Pelanggan akan ragu-ragu untuk membeli jika melihat posting terbaru pada halaman tersebut beberapa bulan yang lalu. Pelanggan akan berpikir Anda tidak serius tentang perdagangan di platform sehingga mereka kurang yakin untuk berurusan dengan Anda.

2. Relevan dengan Masalah Saat Ini

Sebagian besar laman atau akun profil tinggi memiliki konten yang menarik. Cobalah menjadi kreatif dengan mengaitkan pos Anda dengan masalah saat ini atau hal yang sedang tren. Percaya cara ini benar-benar akan membuat perbedaan dalam bisnis Anda dan menarik perhatian orang-orang.

Apa pun yang mungkin viral saat itu ketika datang ke produk atau layanan yang Anda tawarkan dapat meningkatkan penjualan ke tingkat yang lebih baik. Ini juga dapat menunjukkan pada pengikut Anda, bahwa bisnis Anda menyadari situasi saat ini dan akan membuat mereka mengikuti halaman Anda karena menarik.

3. Menonjol

Jangan terlalu biasa karena sekarang terlalu banyak orang melakukan bisnis online. Jika Anda tetap diam sambil menunggu pelanggan datang ke halaman Anda. Jawaban atas bisnis Anda tidak bertahan lama.

Anda perlu mengingat setiap pengguna yang mengikuti lebih dari satu halaman yang menjual produk atau layanan mereka sendiri. Itulah mengapa penting bagi bisnis Anda untuk menonjol dari yang lain.

4. Interaksi dengan Pelanggan

Banyak pedagang menganggap interaksi dengan pelanggan cukup memposting gambar dan membalas komentar mereka di halaman Anda. Jika Anda berpikir demikian maka Anda harus bersaing dengan semakin banyak pedagang yang melakukan hal yang sama.

Untuk meningkatkan ‘keterlibatan’, hubungi individu yang berinteraksi dengan pos Anda. Temukan cara untuk mengungkapkan penghargaan kepada mereka. Dan jika Anda tidak punya waktu untuk melakukan semuanya, tunjuk seseorang untuk melakukannya. Karena itu sangatlah penting.

5. Kepribadian

Anda dapat menggunakan ‘influencer’ atau layanan selebriti untuk mempromosikan bisnis Anda. Lebih baik lagi jika Anda dapat mengembangkan bakat staf Anda untuk menjadi perwakilan media sosial untuk mempromosikan produk atau layanan Anda. Biasanya, staf pemasaran lebih cocok untuk hal ini tetapi jika ada staf lain yang memiliki potensi, kenapa tidak! Karena mereka adalah peluang.

Bahkan jika Anda menggunakan tenaga kerja perusahaan Anda, itu lebih ekonomis daripada membayar ‘influencer’ atau selebriti. Dampak awal mungkin tidak sebaik individu yang populer tetapi kontennya lebih menarik karena staf Anda lebih memahami bisnis Anda daripada orang luar. Tidak mungkin hasil komunikasi yang efektif dapat meningkatkan penjualan bisnis Anda.

6. Kampanye & Promosi

Sementara halaman viral masih menggunakan iklan berbayar. Jadi, Anda harus menyadari bahwa virus itu tidak berlangsung lama. Setiap hari pasti ada sesuatu yang viral. Jadi selama Anda dapat mempercayai kekuatan virus dapat mempertahankan bisnis Anda selamanya.

Jadi jangan berkecil hati untuk mengalokasikan sebagian dana untuk pemasaran iklan berbayar baik FB Ads, Google Ads, IG Ads dan platform lain yang menawarkan iklan secara luas oleh target pelanggan Anda. Berani menginvestasikan uang untuk kelangsungan bisnis berkelanjutan.

7. Waktu yang Tepat

Aspek waktu selalu diremehkan oleh sebagian besar pedagang online. Faktanya adalah bahwa ini sangat penting karena Anda perlu tahu ketika kebanyakan orang sedang online sehingga iklan yang Anda buat dilihat oleh mereka. Juga lihat siapa target pelanggan Anda. Tempatkan diri Anda dalam rutinitas harian pelanggan target Anda, maka Anda akan tahu kapan waktu mereka akan online. Saat itulah Anda memulai serangan.

Misalnya, jika pelanggan target Anda bekerja di jam kantor maka Anda akan tahu pagi sebelum Anda mulai bekerja dan ketika istirahat biasanya akan online. Sebaliknya jika target pelanggan Anda adalah ibu rumah tangga. Jadi, pelajari aspek momen ini dengan lebih baik.

8. Pahami “Follower Insight”

Hal utama yang perlu diperhatikan pelaku usaha dalam sosial media marketing adalah mengetahui target sasaran atau khalayak yang dituju dari sebuah produk atau layanan jasa. Anda harus ingat, follower memiliki banyak pengaruh pada perkembangan bisnis. Manfaatkan media sosial dengan baik untuk bersosialisasi dengan follower atau pengguna lainnya. Ketahui apa yang mereka sukai dan yang tidak mereka sukai. Amati, kapan mereka membuka medsos tersebut, siapa teman-temannya dan lain sebagainya.

Coba dekatkan diri dengan follower Anda. Anggap mereka sebagai bagian dari perjalanan bisnis. Untuk itu Anda harus mencoba untuk melibatkan diri dan lebih mendekat kepada mereka. Anda harus mengetahui apa yang sebaiknya diunggah di media sosial, kapan waktunya melakukan penjualan (iklan) secara lembut atau soft sell dan kapan melakukan hard sell.

9. Tetapkan Tujuan Bisnis dan Sesuaikan Kontennya

Sebelum memulai berbisnis di media sosial, ada baiknya Anda menentukan tujuan terlebih dahulu. Tujuan tersebut mencakup semua upaya untuk menjalankan bisnis di media sosial. Identifikasi tujuan, apakah Anda akan menggunakan Facebook, Twitter, Instagram ataupun media sosial lainnya untuk memasarkan produk.

Masing-masing media sosial memiliki karakteristik berbeda. Oleh karena itu, konten yang akan dimuat sebaiknya juga diselaraskan.

10. Tanggapi Semua Respons

Saat berbisnis di dunia digital, Anda juga pasti sering melihat, mengalami, bahkan mungkin menerima komplain dari konsumen baik itu bersifat positif maupun negatif. Jika pelayanan Anda baik, kemungkinan besar pelanggan akan melakukan repeat order.

Namun jika sebaliknya, jangan kaget jika Anda akan bertubi-tubi mendapat cercaan.Hadapi komentar negatif tentang merek atau bisnis Anda, dengan cara yang positif. Caranya, tunjukkan kelebihan-kelebihan bisnis Anda.

Demikianlah sekiranya tips yang dapat kami bagikan kepada Anda, entah Anda sebagai calon atau Anda yang sudah menjalani usaha online. Semoga saja akan dapat bermanfaat untuk Anda. Terimakasih!!!

Itulah tadi informasi dari idn poker mengenai 10 Tips Menjalankan Usaha dengan Menggunakan Media Sosial oleh - usaharumahan.net dan sekianlah artikel dari kami usaharumahan.net, sampai jumpa di postingan berikutnya. selamat membaca.

Post a Comment

0 Comments